Di era digital sekarang ini dan di masa pandemi Covid-19 sampai dengan pasca Covid-19 sebagian aktivitas sehari-hari menjadi serba online. Perilaku kehidupan tersebut membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik, baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolahraga. Kemudahan-kemudahan dalam kehidupan sehari-hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yaitu gerakan nasional yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat sehari – hari selain itu juga menggerakkan institusi dan organisasi masing – masing untuk mempelopori.

Germas tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun perlu partisipasi dari masyarakat. Dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Germas, salah satunya adalah melakukan aktifitas fisik.

Dalam upaya menjaga  kesehatan masyarakat Kecamatan Padamara, Puskesmas Padamara memprakarsai kegiatan Senam Germas sebagai salah satu aktifitas fisik. Senam bersama dilaksanakan di halamam kantor Kecamatan pada Jumat (10/06/2022). Acara tersebut diikuti oleh Forkopimcam beserta jajarannya, Kepala Desa beserta Perangkat Desa se- Kecamatan Padamara, serta ASN di wilayah Kecamatan Padamara.

Camat Padamara, Sarno, SIP menyampaikan ajakan kepada seluruh peserta untuk mengikuti senam bersama. “Mari teman-teman kegiatan senam ini diikuti dengan gembira dan penuh semangat, karena dengan berolahraga tubuh kita akan senanttiasa sehat dan bugar”. Lebih lanjut Camat Padamara menyampaikan bahwa kegiatan senam Germas ini akan dilaksanakan rutin setiap bulan. 

Kegiatan senam bersama tersebut berjalan dengan lancar, terlihat semua peserta begitu bersemangat mengikuti gerakan-gerakan senam yang dipandu oleh Istruktur Senam.