PURBALINGGA- Alokasi anggaran sejumlah Rp. 100 juta diberikan kepada Desa Prigi Kecamatan Padamara oleh Plt. Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM. di tahun 2019 untuk pembangunan gapura desa. Alokasi tersebut sebagai bentuk apresiasi atas geliat pembangunan di desa Prigi yang menurutnya berjalan sangat baik disertai semangat dan kerukunan warganya dalam bermasyarakat maupun kebersamaannya membangun desa.

“Apabila kondisi tersebut terus dipertahankan, pembangunan berjalan bagus, optimal dan segera direalisasikan, saya akan alokasikan kembali dana untuk bantu merehab kantor balai desa Prigi di tahun ini, melalui anggaran perubahan,” kata Plt. Bupati Dyah H. Pratiwi saat beramah tamah dengan masyarakat desa Prigi pada kegiatan gebrak gotong royong, Kamis (31/01).

Menurutnya, modal dasar suksesnya pembangunan adalah guyub rukun warganya, karena apabila tidak terjaga kerukunan maka pemerintahan tidak akan berjalan dan pembangunan tidak akan berhasil baik. Maka dari itu, dirinya mengajak seluruh warga senantiasa menjaga kebersamaan galang persatuan dan kesatuan serta menggerakkan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kehadiran saya selain silaturahmi, juga melihat secara langsung geliat pembangunan, perekonomian dan kemasyarakatan di desa Prigi, karena kita ketahui program dari Pemerintah Pusat saat ini desa telah menerima alokasi anggaran yang besar baik melalui DD, ADD dan juga bantuan lain yang bertujuan membangun desa sehingga langsung dirasakan masyarakatnya,” katanya.

Kegiatan gebrak diawali gotong royong rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dirumah Bapak Ruswoyo warga RT.03 RW.01 yang mendapat bantuan dari PMI Kab. Purbalingga, dilanjutkan kerumah ibu Sartini (Teblo) yang mendapat bantuan dari BAZNAS, dan rumah Ny. Darsiti yang mendapat bantuan dari PD. BPR BKK Purbalingga masing-masing sejumlah Rp. 12 juta. bantuan rehab juga diberikan dari dana desa untuk dua warga yakni Ny. Kartam dan Ny. Surniati. Untuk masing-masing penerima bantuan rehab RTLH, Pemkab. Purbalingga membantu pengadaan semen 20 zak. Usai rehab rumah, dilanjutkan gotong royong pembangunan drainase pembuangan air limbah dan juga penanaman pohon.

Kehadiran Plt. Bupati Dyah H. Pratiwi pada gebrak di desa Prigi didampingi Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi, SH. beserta para asisten dan sejumlah pejabat Pemkab Purbalingga, para kepala OPD dan juga para Camat. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi 4 DPRD Kab. Purbalingga HR. Bambang Irawan, SH. Saat meninjau hasil produk lokal warga desa Prigi, Plt. Bupati terkesan dengan berbagai macam produk warga antara lain cat tembok, kerajinan wayang kulit, hiasan bunga dari sabun mandi, jamur crispy, getuk goreng dan juga tiwul.

Camat Padamara Suparno, S.Sos. sampaikan terima kasih atas kehadiran Plt. Bupati beserta rombongan dan menyampaikan hal itu akan menjadi motivasi dan semangat dalam upaya meningkatkan jiwa sosial gotong royong serta kerja bhakti warga. Terima kasih juga disampaikannya atas banyaknya bantuan yang disampaikan untuk warga Prigi berupa rehab RTLH, rasbangga, alat sarana pertanian, bibit tanaman buah dan tanaman keras, alat sarana kesehatan, PMT ibu hamil dan balita serta santunan kepada anak yatim piatu dari anggota DPRD Kab. Purbalingga. (t/ humpro 2019)